3 Cara mengatasi anak yang susah bangun pagi

Home / artikel / 3 Cara mengatasi anak yang susah bangun pagi

3 Cara mengatasi anak yang susah bangun pagi

Anak merupakan kebahagiaan dan tantangan tersendiri bagi para orangtua. Apalagi, jika anak Anda sudah sekolah. Tantangan bertambah satu, yakni membangunkan mereka di pagi hari untuk berangkat ke sekolah.

Kalau setiap hari Anda harus marah-marah kepada mereka, tentunya akan menguras emosi.

“Bila setiap pagi harus dimulai dengan emosi tinggi, bisa jadi Anda akan kehilangan energi untuk menjalani sisa hari,” kata Helene Emsellem, penulis buku Snooze… or Lose! 10 “No-War” Ways to Improve Your Teen’s Sleep Habits.

Anak-anak, terutama remaja, butuh tidur sekitar 9 jam sehari dan secara biologis baru akan tertidur pada sekitar pukul 23.00. Namun, Anda sendiri tahu bahwa jam sekolah dimulai jauh sebelum waktu istirahat mereka selesai. Itu sebabnya, sulit untuk meminta mereka segera membuka mata, kemudian mandi dan bersiap ke sekolah.

Pride Homeschooling adalah bagian dari solusi pendidikan buat sibuah hati anda yang kerap kali susah bangun pagi,karena waktu belajarnya  yang fleksibel.more info: www.pridehomeschooling.com / www.pridehomeschooling.blogspot.com

“Sulit bangun pagi pada anak remaja itu bukanlah masalah kebiasaan, melainkan masalah biologis,”.

Lantas, apa “obat” supaya Anda tidak perlu berteriak-teriak setiap pagi? Ada beberapa cara yang bisa ditempuh agar hal ini terlaksana:

1. Lakukan Hypnosleep.

Pada saat anak anda terlelap maka bisikan kata-kata sugestif misal :“Mulai besok dan seterusnya mudah bagi kamu untuk bangun jam 6 pagi dan berseiap berangkat ke sekolah dengan gembira”

2. Waspadai akhir minggu.

Kebanyakan anak dan remaja ingin menunda waktu tidurnya di akhir minggu, karena merasa esok harinya mereka bisa bangun lebih siang.

mereka cenderung ingin bangun agak siang tidak masalah, beri kelonggaran waktu bangun hanya sekitar 1-2 jam lebih siang daripada hari sekolah. Yang pasti, jangan biarkan mereka bangun setelah pukul 10.00. Hal ini dapat mencegah gangguan pada pola tidur mereka.

3. Jauhkan komputer dan TV dari kamar mereka.

Selain itu, jangan biarkan mereka berinteraksi dengan dua alat elektronik ini beberapa saat sebelum tidur, sebab ini justru dapat membuat mereka jadi sulit tidur. Sementara itu, pastikan kamar tidur anak memiliki jendela yang menghadap keluar, sehingga sinar matahari di luar dapat membantu mereka bangun setiap pagi (jika memungkinkan saja)

Sumber referensi: https://id-id.facebook.com/pendidikankarakter/posts/486660508090414

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Asalamualaikum
ada yang bisa kami bantu?

× Layanan Konsultasi