6 Cara Mengetahui Bakat Dan Minat Anak Sejak Dini

Home / artikel / 6 Cara Mengetahui Bakat Dan Minat Anak Sejak Dini

Dear Parents, Berikut 6 Cara Mengetahui Bakat Dan Minat Anak Sejak Dini

6 Cara Mengetahui Bakat Dan Minat Anak Sejak Dini

Setiap anak terlahir dengan skill/bakatnya masing-masing.Namun terkadang orangtua tidak mengetahui bakat yang dibawa oleh anak sejak ia lahir,sehingga tidak ada usaha dan antusias orangtua dalam mengasah bakat sang anak sejak dini. Berikut saya akan berbagi ilmu tentang 6 cara mengetahui bakat & minat anak sejak dini agar orangtua dapat fokus & konsisten dalam mengembangkan bakat & minat sang anak.
1.Mengetahui Kebiasaan dan Kesenangan Anak

Perhatikan aktivitas anak anda,apa yang menjadi kesenangan dan kebiasaan anak.Biarkan anak mencoba berbagai hal dengan catatan dibawah pengawasan orangtua.

2.Membiarkan Anak Mengeksplorasi Kemampuannya

Selanjutnya adalah,biarkan anak bereksplorasi sesuai dengan minat bakatnya,sebagai orangtu jangan terlalu menekan anak untuk tidak bereksplorasi,karena saat itulah anak berusaha mencari minat dan bakatnya sendiri.Saat anak mengulangi hal yang ia suka maka saat itulah anak memberi tahu akan minat bakatnya kepada kita sebagai orangtua.

3.Mengikutkan Anak Dalam Berbagai Perlombaan

Langkah berikutnya adalah selalu mengikut sertakan anak dalam setiap perlombaan akan tetapi dengan persetujuan anak tentunya,jika pencapaian nilai tertinggi didapatkan oleh anak dalam lomba tersebut,berarti  kemampuan anak lebih mendominasi dibidang tersebut.

4.Membangun Komunikasi Positif dengan Anak

Sebagai orangtua dan guru harus memberikan perhatian kepada anak namun masih dalam batasan yang semestinya.Orangtua bisa bertanya langsung kepada anak tentang kegemaran,hobi,dan cita-cita anak,karena dengan melakukan komunikasi positif dengan anak akan membantu membangun emosional yang tinggi antara orangtua dan anak yang berpengaruh terhadap semangatnya dalam mengembangkan minat dan bakat.

5.Menempatkan Anak Pada Posisi yang Terdesak

Disaat situasi terdesak,anak akan mencoba mengeluarkan kemampuannya yang selama ini belum terlihat pada dirinya.Misalnya anak diberi PR oleh guru disekolahnya dengan waktu yang sedikit,oleh karena itu dia akan berpikir cepat & tepat dalam mengerjakan PR tersebut.Atau anda bisa mengajak anak anda berpetualang agar bisa mengetahui tentang hal baru dan menunjukan bakat yang ia miliki.

6.Memberikan Anak Cukup Waktu untuk Bersosialisasi dengan Teman Sebayanya

Ini adalah langkah terakhir,yaitu membiarkan anak menjalin komunikasi sesama teman sepermainannya agar mereka bisa saling menunjukkan bakat dan kemampuannya.Selain itu,anak kerap kali bercerita kepada temannya tentang apa yang menjadi kegemaran mereka.

Kunjungi juga sarana pendidikan berbasis minat & bakat untuk anak-anak Anda di: www.pridehomeschooling.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Asalamualaikum
ada yang bisa kami bantu?

× Layanan Konsultasi