Biaya Homeschooling Depok

Home / artikel / Biaya Homeschooling Depok

Kisaran dan Cakupan Biaya Homeschooling Depok

Biaya Homeschooling DepokBagi para orangtua yang hendak mempertimbangkan homeschooling untuk buah hati dijamin akan mencari informasi mengenai biaya homeschooling Depok. Setelah itu akan mencari informasi lain yang dibutuhkan, karena aspek biaya harus diakui menjadi pertimbangan utama.

Sebab perlu disesuaikan dengan kemampuan agar anak dipastikan bisa sekolah dengan nyaman sampai lulus. Bicara mengenai biaya untuk pendidikan homeschooling banyak yang menilai jika nominalnya lebih tinggi dibanding sekolah formal. Apakah benar demikian? Simak informasi berikut untuk menemukan jawabannya.

Kisaran Biaya Homeschooling di Depok

Homeschooling merupakan sistem pembelajaran dari rumah, sehingga siswa tidak perlu datang ke sekolah melainkan menunggu guru datang ke rumah untuk mengajar. Metode ini sifatnya privat dan biasanya satu guru hanya mengajar satu anak. Selain itu guru juga harus keluar modal lebih baik itu waktu, tenaga, dan biaya untuk menjangkau lokasi siswa.

Meskipun begitu, kisaran biaya homeschooling Depok ternyata tidak bisa dikatakan lebih mahal dibandingkan sekolah formal. Jika ada perbedaan maka cenderung tipis, padahal anak diberi pembelajaran privat yang tentu hasilnya lebih efektif. Sebagai pembanding berikut adalah kisaran biaya untuk homeschooling di Depok dan sekitarnya:

  1. Jenjang SD sekitar Rp 8 jutaan per semester dan per tahun jumlahnya bisa berbeda tergantung biaya tahunan yang dibebankan oleh lembaga penyelenggara.
  2. Jenjang SMP sekitar Rp 10 jutaan per semester dan per tahun jumlahnya juga bisa berbeda.
  3. Jenjang SMA sekitar Rp 12 jutaan per semester dan per tahun jumlahnya bisa berbeda.

Jadi, di dalam lembaga homeschooling jenis biaya beragam dan ada yang dibayarkan di muka seperti uang pangkal dan uang pendaftaran. Kemudian ada yang dibayarkan bulanan, lalu ada juga yang dibayarkan per tahun. Masing-masing lembaga memiliki jenis biaya berbeda dan nilainya juga berbeda-beda, maka orangtua perlu membandingkan dulu.

Biaya Homeschooling Bisa Disesuaikan

Dari kisaran biaya homeschooling Depok yang dipaparkan di atas bisa dipahami bahwa semakin tinggi jenjang homeschooling semakin tinggi juga biayanya. Jika melihat nominalnya, apakah masih menganggap homeschooling mahal? Tentu jawaban setiap orang bisa dikatakan sangat variatif, karena mahal atau murah sifatnya personal dan relatif.

Hanya saja, salah satu kelebihan homeschooling adalah biaya yang bisa disesuaikan dengan anggaran atau kondisi keuangan. Sebab biaya pendidikan di homeschooling mencakup sejumlah fasilitas. Setiap orangtua bisa memilih fasilitas mana saja yang digunakan dan mana yang tidak digunakan. Semakin sedikit fasilitas yang dipilih, maka biaya semakin murah.

Cakupan Biaya Homeschooling

Adapun yang dimaksud dengan fasilitas di dalam layanan homeschooling dan kemudian mempengaruhi nilai akhir biaya homeschooling Depok adalah sebagai berikut:

1. Biaya Pokok
Komponen pertama di dalam biaya pendidikan homeschooling adalah biaya pokok yang sifatnya dibayarkan di muka. Mayoritas bahkan nyaris semua lembaga penyelenggara membebankan biaya jenis ini. Misalnya biaya pendaftaran, biaya masuk atau uang pangkal, dan lain sebagainya.

Meskipun umum, namun terdapat beberapa lembaga penyelenggara homeschooling yang tidak membebankan jenis biaya ini. Sehingga orangtua cukup fokus pada biaya fasilitas lain yang akan didapatkan anak selama mengikuti pembelajaran setahun penuh atau selama 3-6 tahun penuh, sesuai jenjang pendidikan yang diambil.

2. Biaya Konseling
Komponen biaya homeschooling Depok berikutnya adalah biaya konseling atau biaya konsultasi dengan ahlinya. Yakni untuk mencari tahu kelebihan atau bakat anak ada di bidang apa dan harus memilih materi pembelajaran dan metode seperti apa. Konseling dengan ahlinya tentu tidak gratis, maka ada biaya untuk layanan ini.

3. Biaya Pembelian Buku
Salah satu media bantu dalam pembelajaran homeschooling adalah buku, sama seperti sekolah formal. Buku untuk menunjang pembelajaran anak akan dibeli oleh orangtua anak tersebut. Berapa biayanya? Tentunya antara satu anak dengan anak lain berbeda karena disesuaikan dengan materi yang dipilih, jenis buku, dan lain sebagainya.

4. Biaya Privat
Sejumlah lembaga penyelenggara homeschooling juga melayani kursus atau les tambahan secara privat. Misalnya privat untuk bermain piano, privat berenang, privat belajar bisnis, dan lain sebagainya. Orangtua yang ingin anaknya mendapatkan tambahan pembelajaran di luar materi konvensional bisa memilih salah satunya.

Setiap kelas privat tambahan ini tentu membebankan biaya dan biaya ini yang akan ditanggung orangtua siswa. Selain itu, jenis privat yang diambil akan menentukan nilai biaya yang dikeluarkan. Misalnya biaya privat berenang tentu lebih murah dibanding privat bermain piano.

5. Biaya Kegiatan
Komponen biaya yang terakhir di dalam homeschooling adalah biaya kegiatan yang biasanya diselenggarakan di akhir semester atau di akhir tahun. Jadi, beberapa lembaga menyelenggarakan kegiatan khusus per semester maupun per tahun. Orangtua bisa mempertimbangkan buah hati untuk ikut ke dalam kegiatan tersebut.

Kegiatan ini kemudian membebankan biaya, sebab untuk bisa menikmati suatu kegiatan di tempat khusus dijamin butuh persiapan. Misalnya perlu menyewa tempat, menyediakan konsumsi bagi siswa dan para orangtua, dan lain sebagainya. Maka ada biaya khusus untuk komponen satu ini.

Tips Memilih Lembaga Homeschooling

Melalui penjelasan di atas tentunya setiap orangtua bisa mengetahui berapa kisaran biaya yang harus dikeluarkan jika memilih homeschooling untuk anak. Banyak yang beranggapan biaya homeschooling lebih mahal. Padahal cakupan biayanya beragam dan para orangtua bisa memilih jenis kegiatan mana saja yang diberikan ke anak.

Baca juga : Homeschooling Jakarta Selatan 

Sehingga biaya bisa disesuaikan dengan anggaran. Supaya kontrol terhadap biaya homeschooling Depok lebih mudah pastikan sejak awal sudah memilih lembaga homeschooling yang tepat dan terpercaya. Apabila membutuhkan rekomendasi lembaga homeschooling berkualitas dengan biaya yang terjangkau maka bisa menghubungi 0896-5331-2998.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Asalamualaikum
ada yang bisa kami bantu?

× Layanan Konsultasi