Bingung ketika ingin menentukan cita-cita? Yuk simak ulasan berikut !

Home / artikel / Bingung ketika ingin menentukan cita-cita? Yuk simak ulasan berikut !
MASIH BINGUNG KALAU DITANYA, CITA-CITAMU APA? SIMAK 9 PENJELASAN BERIKUT ini!

Cita-cita adalah keinginan, harapan, tujuan yang selalu ada dalam pikiran. Baik keinginan, harapan, maupun tujuan merupakan apa yang mau diperoleh seseorang pada masa mendatang. Apabila cita-cita itu tidak mungkin atau belum mungkin terpenuhi, maka cita-cita itu disebut angan-angan. Lalu adakah diantara kalian yang suka bingung jika ditanya cita-citamu apa? dan bagaimana cara kita menentukan cita-cita, nah mimi punya langkah-langkah untuk menentukan cita-cita, mari simak artikel berikut :

1. Kegiatan yang sering diLakukan di Masa Kecil?

Contoh di masa kecil kita sering bermain masak-masakan. Saat itu kita sering tampil sebagai “chef” utama yang mengatur apa yang akan “dimasak”. Boleh jadi itu merupakan cikal bakal munculnya cita-cita kita. Atau sering membantu orang tua dalam mengatur tata ruang interior rumah, mungkin itu menjadi pertanda bahwa Anda bisa menjadikan desain interior sebagai cita-cita.

2. Kompetensi Diri

Kalau sudah tahu jalan yang kita pilih, maka sekarang memilih media apa yang akan digunakan. Kenali kompetensi apa yang kita miliki untuk mewujudkan cita-cita. Karena cita-cita bisa digapai ketika ada kecocokan antara kompetensi dengan peran atau jalan yang diambil. Kompetensi merupakan perpaduan antara minat dengan bakat. Kompetensi bisa muncul karena kita sering melatihnya secara rutin dan konsisten.

3. Idola

Kenali dan ingat kembali sosok-sosok yang telah menginspirasi kehidupan kita. Karena mereka bisa menjadi alat untuk membantu kita dalam menentukan cita-cita. Dengan mengenal tokoh yang menjadi role model, kita akan mendapat inspirasi kehidupan seperti apa yang ingin diraih di masa depan.

4. Pahami Minat Terbesar Anda

Kadang kala minat dan bakat tak bisa seiring sejalan. Minat kita besar dalam hal dunia tarik suara, tapi faktanya tak ada bakat dalam hal musik di dalam diri. Apakah dengan demikian kita harus mengganti minat? Tidak usah.

Minat adalah sesuatu yang bisa kita asah. Minat bisa muncul menjadi sebuah keunggulan ketika kita mau melatihnya dan bersabar, hingga bisa memetik hasilnya kelak. Kita harus bisa mengetahui dengan pasti apa minat terbesar (passion) yang Ada miliki. Pilih yang benar-benar sangat ingin kita tekuni. Kemudian barulah minat tersebut dilatih dan diasah dengan benar. Dengan demikian, Anda sudah menapaki jalan yang benar untuk bisa menentukan cita-cita yang bagus di masa depan. Tapaki terus jalan tersebut hingga kita bisa merasakan hasilnya, anda juga bisa mengikuti program pengembangan minat dan bakat di lembaga pendidikan tertentu seperti di Pride Homeschooling ini.

5. Menentukan Target dari Minat

Setelah mengetahui apa yang menjadi minat dan hasrat kita sejak kecil, saatnya berpikir untuk bisa sukses dalam bidang tersebut. Artinya kita sudah harus menentukan target akan menjadi apa dalam bidang yang Anda minati tersebut. Pasang target secara maksimal agar cita-cita pun ikut terpasang tinggi di langit.

 

Sebagai contoh, kita punya minat besar dalam dunia fashion. Maka Anda bisa mencanangkan kelak ingin menjadi seorang desainer pakaian terkenal. Bahkan punya butik dengan brand sendiri yang produk-produknya selalu laris dipakai para sosialita kelas atas. Secara tidak langsung target ini akan membimbing kita untuk mempertahankan minat yang sudah dipilih. Termasuk mengarahkan untuk tidak melenceng dari jalur yang memang harus ditempuh untuk mencapai tujuan. Jangan takut bermimpi besar jika kita ingin sukses..

6. Wawasan

Wawasan akan membuka mata dan pikiran kita tentang banyak hal di dunia ini yang menarik dijadikan bagian dari hidup Anda. Karena boleh jadi, kesulitan Anda dalam menemukan cita-cita adalah karena kurangnya pengetahuan tentang berbagai bidang yang ada. Semakin luas wawasan Anda maka akan semakin mudah kita memilih cita-cita. Ada banyak bidang yang bisa kita gali lebih dalam. Bisa terkait dengan minat yang Anda sukai, bisa juga sama sekali tidak ada hubungannya. Saat kita mulai merasa tertarik, segera tekuni bidang tersebut dan kita pun akan mulai mengetahui apa yang bisa kita jadikan cita-cita.

7. Manfaat untuk Masyarakat

Menyumbang tidak melulu harus berbentuk materi. Bisa juga berupa pikiran atau tenaga yang nantinya bisa memberi manfaat bagi masyarakat.Dan ada banyak bidang pekerjaan yang bisa kita pilih sebagai perwujudan cita-cita Anda dalam menyumbangkan pengetahuan yang bermanfaat bagi masyarakat.

8. Melihat tren yang ada

Misalnya, saat ini sedang berkembang tren pekerjaan baru yang populer di kalangan masakat. Apabila anda menyukai salah satunya, maka tidak ada salahnya juga anda memiliki cita-cita yang mengikuti tren saat ini. Hal ini tentu akan sangat membantu anda dalam menggapai masa depan, daripada anda tidak memiliki cita-cita sama sekali bukan?

9. Silsilah keluarga

Masa lalu kesuksesan keluarga anda mungkin bisa menjadi salah satu pemicu motivasi yang sangat kuat. Misalnya keluarga anda dulunya adalah seorang pengusaha, maka tidak ada salahnya anda membuat cita-cita sebagai pengusaha juga. Buah tidak pernah jatuh jauh dari pohonnya, jadi, pertimbangkan juga silsilah keluarga anda untuk menentukan cita-cita anda.

 

Sumber ref. : sekolahnews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Asalamualaikum
ada yang bisa kami bantu?

× Layanan Konsultasi