Cara mudah agar anak gemar membaca

Home / artikel / Cara mudah agar anak gemar membaca

Trik mudah agar anak gemar membaca

Agar anak-anak gemar membaca dan menikmatinya, merupakan salah satu tantangan yang lumayan sulit dihadapi oleh para orang tua. Berikut ini adalah enam saran untuk membantu agar anak-anak gemar membaca:

1. Mulailah sejak dini

Bayi belajar cara berbicara serta keterampilan berkomunikasi, ketimbang kata-kata yang sebenarnya dari pengalaman mereka. Dengan membacakan kepada anak Anda sejak dini, Anda menyediakan lebih banyak peluang untuk mengembangkan keterampilan berbicara tahap awal. Selain itu, anak-anak menyukai perhatian, dan Anda menyediakan waktu tambahan untuk ikatan batin.

2. Berilah teladan

Jika anak Anda melihat Anda membaca di waktu-waktu luang Anda, mereka cenderung untuk membaca sendiri. Bicarakanlah mengenai buku yang sedang Anda baca serta hal apa yang menarik dari buku-buku itu.

3. Membacalah bersama-samaAnak-anak menghendaki lebih banyak waktu bersama dengan orang tua mereka.

Jika mereka mengerti bahwa mereka mendapatkan lebih banyak waktu ayah dan ibu melalui membaca, mereka akan mengembangkan kegemaran akan kegiatan tersebut yang dapat menjadi sumber motivasi yang kuat.

4. Bantulah anak-anak memilih buku yang mereka minati dan yang dapat menjadi sumber rujukan mereka

Membaca hendaknya menjadi pilihan bukan paksaan.

Biarlah minat mereka menjadi pembimbing mereka.Sediakanlah kepadanya bahan-bahan bacaan dengan pokok bahasan yang bervariasi yang dia minati. Lebih baik lagi, bantulah dia memilih buku-buku yang berisikan tokoh-tokoh yang sesuai usianya.

5. Berilah penghargaan atas prestasi yang mereka capai

Sebagian anak termotivasi oleh prestasi yang mereka capai.Sementara yang lainnya termotivasi oleh penghargaan atas prestasi tersebut. Buatlah bagan yang jelas yang dengan bagan tersebut anak Anda dapat menelusuri sampai di mana pembacaan mereka. Pastikan bahwa ada tujuan yang jelas di bagian akhir (jumlah buku atau halaman yang dibaca atau jumlah waktu yang dihabiskan). Setelah mereka mencapai gol mereka, rayakanlah apa yang mereka capai dengan sesuatu yang istimewa.

6. Sisihkan waktu untuk membaca

Khususkanlah sejumlah waktu tertentu bagi anak Anda untuk membaca setiap hari. Setelah beberapa minggu membaca secara konsisten, maka itu akan menjadi kebiasaan.

Intinya, membaca merupakan manfaat  yang diperoleh anak ketika orangtua mencontohkan keboasaan membaca sejak dini.Sesuatu yang anak-anak harus berusaha untuk memperolehnya. Jika Anda konsisten  untuk membaca kepada anak-anak Anda, anak-anak Anda akan  menemukan sukacita yang dihasilkan dari kegiatan membaca serta menghargainya di sepanjang kehidupan mereka, sehingga pada akhirnya mereka memperoleh banyak manfaat dari menjadi seseorang yang terbiasa membaca. info seputar pendidikan anak,silahkan kunjungi: www.pridehomeschooling.blogspot.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Asalamualaikum
ada yang bisa kami bantu?

× Layanan Konsultasi