Hal-hal yang harus diperhatikan saat menginjak usia pubertas

Home / artikel / Hal-hal yang harus diperhatikan saat menginjak usia pubertas

Ajarkan Hal-Hal Ini pada Remaja Pubertas

Hasil gambar untuk Ajarkan Hal-Hal Ini pada Remaja Pubertas

Masa-masa pubertas, anak remaja belum banyak tahu akan pentingnya menjaga kebersihan diri. Untuk itu, orangtua harus mengajarkan banyak hal yang sebaiknya dilakukan para remaja dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut ini enam hal yang harus diajarkan kepada anak-anak remaja yang baru memasuki masa pubertas seperti ulasan berikut ini.

1.Makan sehat.Anak gadis dan laki-laki yang baru melewati masa puber, perlu konsumsi lebih banyak makanan sehat setiap hari. Hal ini terutama sangat penting bagi si gadis untuk mengikuti program diet lebih ketat, termasuk rajin makan buah dan sayuran.

2.Kenakan pakaian nyaman

Pada awal masa pubertas, anak laki-laki dan perempuan wajib mengenakan pakaian nyaman, terutama berbahan katun dan menyerap keringat. Ini ditujukan untuk mencegah bau badan karena keringat yang berlebihan, dan tentunya bisa nyaman beraktivitas di manapun ia berada.

3.Memahami perubahan fisik. Perubahan fisik akan terlihat jelas selama tahap pubertas, dan itu harus dipahami setiap anak. Setiap gadis biasanya akan merasa tidak nyaman selama ia menstruasi dan anak laki-laki juga akan merasakan hal aneh saat ereksi.

4.Menjaga area organ intim. Kebersihan organ intim sangat penting ketika anak laki-laki dan perempuan ke tahap pubertas. Ajarkan mereka untuk menjaga kelamin agar selalu bersih dan pastikan untuk mencuci daerah intim dengan benar.

5.Bau badan. Pada tahap pubertas, anak laki-laki dan perempuan akan melihat perubahan dalam tubuhnya. Mereka kadang-kadang bisa memancarkan jenis bau badan tertentu yang tentunya ini tidak nyaman, dan mereka harus bisa menyingkirkan bau badan dengan menjaga kebersihan dan rajin mandi.

6.Merawat kulit. Selama puber, tak sedikit anak-anak remaja mengalami jerawat noda pada kulitnya. Untuk menghindari hal ini, mereka perlu minum banyak air dan mengonsumsi banyak sayuran berdaun hijau dan buah-buahan segar.

Demikian hal-hal yang perlu diperhatikan oleh anak yang sedang menginjak usia pubertas,terlebih kepada orangtua sangatlah penting untuk diajarkan pada si buah hatinya.Semoga bermanfaat 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Asalamualaikum
ada yang bisa kami bantu?

× Layanan Konsultasi