Manfaat Home learning Bagi Peserta Didik

Home / artikel / Manfaat Home learning Bagi Peserta Didik
Yuk ketahui manfaat yang bisa kamu serap dari e-learning PADA SAAT HOME LEARNING di masa pandemi covid-19? Yuk, simak ulasan berikut:

1. Waktu belajar lebih fleksibel

Jika biasanya kamu punya jadwal belajar di sekolah dengan waktu yang sudah ditetapkan dengan. e-learning kamu dan teman-temanmu bisa mengusulkan pergeseran waktu. Waktu selesainya juga lebih cepat.

Bahkan, jadwal belajar tidak harus di siang hari. Bisa juga mulai di malam hari dengan durasi yang singkat. 

2. Penggunaan waktu lebih efisien

Belajar online via aplikasi zoom meet selama pandemi covid19

Efisiensi waktu akan sangat terasa pada sistem e-learning. Tidak perlu menghabiskan waktu di perjalanan menuju instansi dan kelas. Para peserta didik bisa menikmati sarapan dengan lebih tenang. Guru tidak perlu lama-lama memonitor peserta didik seperti biasa. Asalkan, instruksi penugasan atau materi yang diajarkan tersampaikan dengan jelas. 

Intinya, guru dan murid sama-sama dibikin enak. Dengan catatan, kedua belah pihak menjaga komitmen untuk disiplin dan jujur dalam proses pembelajaran. 

3. Kesehatan tetap terjaga saat belajar

Berhubung semua proses belajar dilaksanakan di rumah, kesehatan semua pihak lebih terjaga dan terjamin selama tidak berinteraksi atau kontak fisik dengan carrier atau orang yang terinfeksi COVID-19.

Dengan e-learning, kamu bisa belajar di rumah dengan lebih tenang, dekat dengan keluarga dan bebas dari potensi penularan wabah virus corona.

4. Menghemat biaya operasional

Biaya operasional dalam pembelajaran juga bisa dihemat lebih banyak oleh kedua belah pihak. Mulai dari biaya bahan bakar kendaraan, ongkos transportasi, bekal makanan, uang jajan hingga untuk kebutuhan belajar di kelas. 

Setidaknya, dana yang dihemat bisa digunakan untuk kebutuhan lain yang lebih genting seperti penyediaan stok masker, alkohol, hand sanitizer, dan sembako. 

5. Mendorong kreativitas pengajar dalam mengemas bahan ajar

Belajar dengan e-learning juga menjadi tantangan tersendiri bagi guru untuk merancang materi atau bahan ajar yang lebih kreatif. Sebab, saat ini diperlukan kreativitas guru agar semangat siswa terus meningkat dalam belajar. Jika tidak, maka guru akan dikalahkan oleh unsur lain yang lebih menarik minat siswa. 

Banyak sekali hal-hal di internet yang bisa dimanfaatkan guru untuk menghasilkan kreativitas. Mulai dari situs belajar hingga kreasi dari video dan grafis. 

6. Peserta didik punya kesempatan mendapat konten materi yang lebih banyak

Jika biasanya kamu hanya mendapatkan sedikit ilmu dari durasi yang pendek saat proses pembelajaran, dengan e-learning kamu berkesempatan mendapat banyak materi dan referensi untuk membaca dari rekomendasi guru atau dosen. Tentunya, kamu bisa belajar mandiri di laim waktu lewat bahan-bahan tersebut.

Membahas tentang e-learning, di Pride Homeschooling sudah mengadakan program tersebut jauh sebelum pandemi covid-19, jadi untuk proses kbm menggunakan e-learning sudah pasti sangat tertata dan sudah terbiasa dalam menjalankannya. Info konsultasi dan pendaftaran klik link di bio Instagram @pridehomeschoolingcinere atau mengisi form online https://bit.ly/ppddpride2020.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Asalamualaikum
ada yang bisa kami bantu?

× Layanan Konsultasi