Mengasah Sosialisasi Anak Sejak Dini

Home / artikel / Mengasah Sosialisasi Anak Sejak Dini

Kiat mengasah sosialisasi anak sejak dini

1.Hangat dan penuh cinta

Cara anak berinteraksi dengan lingkungan sekitar sangat bergantung pada pola asuh dan hubungannya dengan ibu dan ayahnya.Beradasarkan penelitian,anak anak yang sering bermain dengan orangtuanya termapil bergaul dengan anak anak seusianya.Sebagai orangtua,sebaiknya anda menghindari suka mengkritik anak selama anak bermain,dan bersikaplah responsif terhadap gagasan yang diajukannya.

2.Petunjuk praktis

Sebagai pemula,anak anak membutuhkan arahan untuk memulai pertemanan.Beri petunjuk praktis tentang cara menyapa oranglain,membri respon positif terhadap sapaan teman,dan cara berinteraksi dalam kegiatan bermain bersama.

3.Biasakan bergaul

Alangkah baiknya anda sebagai orangtua mengagendakan si kecil untuk melakukan sosialisasi sejak dini.Dengan demikian,sosisalisasi bukan lagi hal baru yang nantinya akan membuat dia takut.

4.Mengundang teman

Maksimalkan interaksi positif anak anda dan temannya saat bermain dirumah.Antara lain dengan menyediakan beragam material dan berbagai macam kegiatan.Ajak anak anda menyusun kegiatan yang dapat dilakukan bersama teman-temannya yang akan anda undang kerumah.Buatlah daftar mainan dan material yang tersedia lalu susunlah kegiatan yang harus dilakukan si buah hati bersama teman temannya.

Demikian sedikit tips namun efektif jika dilakukan orangtua secara konsisten.Maka rasa sosialisme anak akan terbentuk sejak dini agar anak mudah bergaul,berinteraksi dengan lingkungan dan punya banyak teman.Update terus seputar anak dan pendidikan di website kami : www.pridehomeschooling.com atau biasa kunjungi blog kami : www.pridehomeschooling.blogspot.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Asalamualaikum
ada yang bisa kami bantu?

× Layanan Konsultasi