Orangtua merasa kewalahan saat anak homelearning? Yuk, simak tips berikut!

Home / artikel / Orangtua merasa kewalahan saat anak homelearning? Yuk, simak tips berikut!
Kiat yang bisa dilakukan orangtua terkait dengan masalah mengajar di rumah.
 
Ketika sebagian besar dari orangrtua merasa kewalahan bahkan sampai menyerah ketika anak harus belajar dirumah selama pandemi covid19. Hal ini wajar terjadi, mengingat orangtua tak punya pengalaman mengajar secara akademis sebelumnya, di tambah orangtua juga memiliki tuntutan pekerjaan yang juga harus dituntaskan.
 
Berikut kiat yang bisa dilakukan orangtua sebagai guru dirumah :
 
1.Merancang pembelajaran yang bermakna, baik bagi anak, maupun orangtua. Pembelajaran yang bermakna bukanlah sekedar membuat anak menyelesaikan pelajaran akademis, namun mencakup pelajaran yang bisa ia terapkan di rumah. Misalnya, orangtua boleh mengajak anak eksplorasi benda-benda yang ada di rumah sebagai bahan pelajaran.
 
2. Komunikasi  yang lancar antara orangtua dan guru pengajar merupakan salah satu kunci sukses mengajar di rumah.  Orangtua tidak hanya sekedar menanyakan tugas-tugas kepada guru namun juga bisa berbagi informasi tentang kebiasaan belajar anak di kelas dan meminta saran guru tentang teknik mengajar seperti apa yang bisa diterapkan.
 
3. Meminta dukungan Guru dapat memberikan dukungan kepada orangtua dalam mendampingi anak belajar di rumah, seperti mengadakan kegiatan parenting bersifat daring.
 
4. Lakukan dari hati ke hati. Selain memberikan penilaian berkala, ada baiknya orangtua juga sebagai guru, dan anak juga mengadakan sesi berbagi secara daring tentang bagaimana proses belajar di rumah. Di sesi tersebut, ajak anak mengungkapkan perasaannya, apa saja kesenangan maupun kesulitannya belajar di rumah.
 

5. Beri anak kebebasan Bila komunikasi antara anak, orangtua dan guru lancar, maka selanjutnya bisa sama-sama menentukan kegiatan apa yang paling disukai oleh anak. Kegiatan tersebut dibuat melalui kesepakatan bersama dan masih dalam koridor pengawasan orangtua sesuai dengan tujuan pembelajaran.

Demikian beberapa tips yang bisa mimin sampaikan semoga bermanfaat bagi ayah atau bunda yang sedang berjuang merawat dan mengajar generasi bangsa dirumah masing-masing. Info lengkap tentang tips belajar dirumah dan mengajarkan anak dirumah selengkapnya di www.pridehomeschooling.com atau kunjungi instagram @pridehomeschoolingcinere.
 
sumber ref. :edukasi.kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Asalamualaikum
ada yang bisa kami bantu?

× Layanan Konsultasi