Perbedaan Coaching dan Konseling

Home / artikel / Perbedaan Coaching dan Konseling
Yuk Ketahui Perbedaan Coaching dan Konseling
Perbedaan Coaching dan Konseling
Sesi Coaching Amanda yang ditemani bundanya dengan pak Irfan Hielmy (Pembina Pride Homeschooling)

Berbeda dengan konselor maupun psikolog dan psikiater yang fokus kerjanya menolong orang-orang yang mengalami masalah dalam hidup, seorang coach berorientasi masa depan. Coaching sering disebut sebagai positif psychology sedangkan konseling sebagai negative psychology. Yang dimaksudkan dengan positif adalah, coaching membantu klien (coachee) untuk melangkah maju (futuristik), meraih kehidupan yang penuh dan maksimal, melatih coachee untuk sukses mencapai tujuan yang diidam-idamkannya.

Perbedaan-perbedaan secara lebih jelas diuraikan sebagai berikut:

  • Konseling berfokus pada problem, coaching berfokus pada solusi dan tindakan/langkah
  • Konseling menelusuri masalah dari masa lalu Anda, sedangkan coaching melihat ke depan dan fokus pada tujuan/target, menyingkirkan hambatan dan mendapatkan keahlian yang dibutuhkan untuk mencapai hal yang diinginkan.
  • Konseling sangat menolong saat emosi Anda menyulitkan Anda untuk mengambil pilihan yang benar/tepat (klien tahu harus melakukan hal tersebut, tetapi klien tidak mampu mengambil langkah itu). Coaching berasumsi bahwa Anda sehat secara psikologis namun membutuhkan bantuan untuk menjadi lebih baik atau melangkah maju (coachee mampu dan ingin maju, namun tidak tahu apa yang harus dilakukan)
  • Konseling tepat bagi orang-orang yang memiliki masalah psikologis, tapi coaching lebih fokus untuk membantu Anda meraih tujuan yang diinginkan.

Baca juga : Homeschooling Depok

Dengan demikian, inti daripada coaching adalah bukan menyelesaikan masalah yang sudah terjadi, namun membantu seseorang dalam mempersiapkan diri menghadapi kehidupan yang maksimal dimasa mendatang. Selain itu, dapat membantu menolong secara efektif seseorang yang bermasalah dengan emosi (misalnya kemarahan), yang masalah emosinya sebenarnya disebabkan oleh situasi (bukan cacat karakter atau penyimpangan perilaku). Maka dari itu, salahsatu program keunggulan di Pride Homescshooling selain daripada kegiatan pembelajaran akademik adalah sesi coaching disetiap bulannya / maksimal 12 sesi coaching yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa.

Sumber ref : pembelajarhidup.com

Follow Instagram kami @pridehomeschoolingcinere

Facebook : Pride Homeschooling

Konsultasi via WA klik : bit.ly/34PY0RW

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Asalamualaikum
ada yang bisa kami bantu?

× Layanan Konsultasi