PERKEMBANGAN MORAL ANAK USIA DINI

Home / artikel / PERKEMBANGAN MORAL ANAK USIA DINI

Nilai Moral Yang Perlu Diajarkan Pada Anak-Anak Sejak Usia Dini

 

Mendidik anak sejak usia dini merupakan salah satu hal yang sangat penting. Pendidikan tidak hanya berkaitan dengan pelajaran yang diajarkan oleh guru disekolah. Akan tetapi pendidikan untuk anak juga mencakup pendidikan moral yang tidak bisa diajarkan dan diperoleh dari buku.

Menanamkan nilai moral pada anak sejak usia dini sangat penting untuk dilakukan karena pada usia ini anak-anak masih mudah untuk diarahkan.

Nilai moral yang diajarkan pada anak-anak sejak usia dini akan membekas sampai anak tumbuh dewasa. Mengajarkan nilai moral pada anak-anak dibutuhkan kesabaran dan kehati-hatian.

Hal ini karena anak-anak belum sepenuhnya bisa menerima dan mencerna semua hal yang diajarkan kepada mereka, apalagi pelajaran tersebut yang bersifat abstrak..

1.Mengajarkan Sikap Saling Menghargai

Ajari anak sejak dini bagaimana cara menghargai orangtua,sesamanya,orang yang lebih dewasa maupun lingkungannya.Karena dengan begitu,anak dapat memahami cara beretika ketika berada di lingkungan yang berbeda.Anak juga lebih gampang beradaptasi dengan lingkungan dan mempunyai banyak kawan.

2.Mengajarkan Sikap Jujur dan Jangan Berbohong

Pertama,kita harus memberitahu anak tentang manfaat kejujuran & kerugiannya dari hal terkecil,jika hal kecil saja sudah bisa ia rasakan manfaatnya & kerugiannya maka ia akan dituntut untuk selalu jujur dalam setiap hal, termasuk hal terbesar sekalipun.

3.Mengajarkan Sikap Rendah Hati dan Suka Menolong Sesama

Didik anak kita untuk selalu perduli terhadap sesama dan lingkungan agar membentuk jiwa sosial  yang lebih kuat & mandiri untuk bekal ia ketika sedang berada jauh dari orangtua.

4.Mengajarkan Sikap Bertanggung Jawab Atas Apa Yang Telah Diperbuat

Ada sebab pasti ada akibat,ajari anak untuk selalu siap mengambil resiko jika hendak melakukan sesuatu dari hal kecil : misalkan, sering berlari-lari tanpa hati-hati beresiko jatuh dan terluka,dengan begitu anak akan merasakan sakit yang diakibatkan ulahnya sendiri.

 

5.Mengajarkan Sikap Menyayangi

Saling menyayangi terhadap teman sepermainannya itu adalah hal yang paling utama, anak akan susah berinteraksi satu sama lain jika memiliki sikap egois/mau menang sendiri dan kasar terhadap teman sepermainannya.Ajarkan anak kita untuk saling menyayangi satu sama lain untuk membentuk suatu proses interaksi & sosialisasi pada dirinya.

Jika orangtua masih merasa cemas & khawatir terhadap lingkungan sekolah yang tak bisa orangtua pantau, dan ditakutkan akan mempengaruhi moral anak? kami punya solusinya.

Silahkan kunjungi: www.pridehomeschooling.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Asalamualaikum
ada yang bisa kami bantu?

× Layanan Konsultasi