Plan Life in the New Year

Home / artikel / Plan Life in the New Year

Menyusun rencana hidup di tahun baru

Berikut beberapa strategi mengubah kebiasaan lama dan menemukan jati diri di tahun baru ini :

1.Susunlah beberapa daftar. Mulailah tahun baru Anda dengan menyusun daftar hal yang harus dilakukan. Ini bisa juga meliputi daftar kegiatan atau hal-hal yang Anda butuhkan untuk segera diselesaikan.  Misalnya, apa yang harus Anda selesaikan di bulan Januari? entah itu menyusun skripsi yang sempat tertunda, menurunkan berat badan, atau pindah pekerjaan yang lebih baik. 

2. Menata ulang lingkungan rumah. Mulailah dengan membereskan lingkungan rumah Anda. Merapikan semua hal di sekitar Anda termasuk membersihkan lemari pakaian Anda, mengganti warna cat kamar, atau memindahkan barang-barang yang sudah tidak terpakai ke gudang. Buatlah perubahan kecil di rumah, Anda pasti akan merasa nyaman dan memiliki suasana baru. 

3. Ambil hal-hal baru. Awali tahun baru Anda dengan kegiatan yang ringan. Jangan mencoba melakukan hal-hal yang tidak relevan bagi Anda. Membaca buku favorit atau bermain game, akan membantu Anda untuk bersantai sejenak tanpa melupakan rutinitas. Menonton DVD atau berolahraga bersama teman-teman juga pilihan bagus. Idealnya adalah mengkondisikan diri supaya tetap bebas stres di awal tahun, sehingga Anda dapat melewati sepanjang tahun dengan penuh optimisme dan gairah hidup. Lakukan kegiatan apa saja yang memberikan Anda ketenangan pikiran.

4. Lepaskan semua hal buruk. Jangan menyimpan dendam atau kepahitan di masa lalu, berfokuslah saat ini saja. Mulailah tahun baru Anda dengan catatan yang baik. Lepaskan segala sesuatu yang membebani pikiran Anda. Siapapun bisa memulai lagi dari awal, itu hanya tergantung pada proses berpikir kita sendiri. Lepaskan apa yang menyebabkan masalah di kemudian hari. Maafkanlah orang-orang yang sudah melukai Anda, terimalah saja. Mulailah tahun ini dengan catatan yang sehat, karena itu akan membuat Anda jauh lebih bahagia.

5. Tetap menjaga fokus. Jangan mudah mengalihkan perhatian Anda ketika hal buruk menimpa, hal ini juga harus menjadi resolusi Anda di awal Tahun Baru. Tetap fokus pada hal positif dan tujuan Anda semula dalam hidup. Lakukan hal-hal yang membuat Anda bahagia, yang memiliki relevansi dalam hidup Anda. Jika fokus Anda adalah terarah, itu akan memiliki dampak positif pada proses berpikir Anda juga. Tidak ada cara yang lebih baik untuk memulai tahun baru dengan pikiran yang baik.

6. Tetap bahagia. Untuk memulai tahun baru Anda dengan catatan kebahagiaan, Anda perlu menciptakan kebahagiaan dari dalam diri. Tetap mendekatkan diri kepada Tuhan YME agar diberi bimbingan untuk tetap positif dalam melewati proses kehidupan. Tahun baru akan membawa banyak peluang baru bagi Anda, tahun baru akan membawa banyak kemungkinan baru, sehingga berdamailah dengan semuanya dan tetap bahagia. Anda akan merasa lebih baik dengan cara ini.

7. Ubah diri. Satu hal yang dapat Anda lakukan untuk tetap bahagia adalah mau menerima perubahan. Mau mengubah kebiasaan-kebiasaan buruk untuk selamanya. Jangan meributkan masalah kecil dalam hidup, karena itu juga akan merusak suasana hati Anda. Mengubah diri Anda dan sikap Anda, dan lihatlah perubahan dalam hidup Anda secara pasti. Awali tahun baru Anda dengan catatan segar dengan membuat sebuah awal baru dalam pikiran Anda. Bersemangatlah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Asalamualaikum
ada yang bisa kami bantu?

× Layanan Konsultasi