“Sekolah” Mulai Lebih Siang,Anak Lebih Berprestasi.

Home / artikel / “Sekolah” Mulai Lebih Siang,Anak Lebih Berprestasi.

Waktu tepat memulai sekolah

Perlu diketahui, jam belajar di sekolah yang panjang dapat memangkas waktu tidur siswa. Saat kekurangan tidur, anak bisa mengalami beragam gangguan fisik dan hormonal. Penelitian Magee dan Hale menunjukkan korelasi antara kurangnya jam tidur anak terhadap obesitas. Penelitian lain oleh Umlauf dkk. juga menunjukkan anak yang kurang tidur cenderung memiliki emosi tidak seimbang. 

Mereka mudah depresi, temperamental, melakukan kekerasan, dan diprediksi berpendapatan lebih rendah di masa mereka dewasa. Kurangnya waktu tidur juga memicu beragam penyakit seperti hipertensi, gangguan metabolisme, dan gangguan fungsi kekebalan tubuh. 

Waktu Tepat Memulai SekolahJam belajar yang dimulai terlalu pagi pernah diterapkan di Amerika pada 2014, sebanyak 40 persen sekolah menengah atas di sana memulai pelajarannya sebelum pukul 8 pagi. Hanya 15 persen sekolah yang mulai pukul 8.30 pagi, sedangkan 20 persen anak-anak di sekolah menengah pertama harus masuk pada pukul 7.45 pagi atau lebih awal.

American Academy of Pediatrics (AAP) mengatakan rasa ngantuk saat belajar tak bisa diatasi dengan kopi. Sebab, kafein tidak mengembalikan kewaspadaan optimal. Tidur siang di akhir pekan juga bukan solusi, karena tubuh tak mendapatkan siklus tidur cukup dan teratur.

AAP kemudian merekomendasikan jam tidur ideal bagi para pelajar adalah antara 8,5 sampai 9,5 jam per hari. Dan, sekolah sebaiknya dimulai setidaknya minimal pukul 8.30 pagi. Dengan begitu, fokus belajar anak akan meningkat, risiko mengalami obesitas menurun, menghindari kecelakaan karena kurang tidur, risiko depresi berkurang, dan emosi lebih stabil. 

“Remaja yang cukup tidur akan memiliki nilai dan kualitas hidup yang lebih baik,” kata Judith Owens, seorang dokter anak, periset utama dari AAP.

Oleh karena itu,sebisa mungkin orangtua dapat memanage waktu belajar anak ketika dirumah,karena anak anda juga perlu istirahat untuk memulai aktivitas sekolah di hari esok.Solusi tepat untuk membantu anda untuk mengatur kegiatan belajar anak anda silahkan kunjungi website kami: www.pridehomeschooling.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Asalamualaikum
ada yang bisa kami bantu?

× Layanan Konsultasi