Tanamkan Rasa Sopan Santun pada Anak Sejak Dini

Home / artikel / Tanamkan Rasa Sopan Santun pada Anak Sejak Dini

Sikap sopan anak merupakan cerminan dari orang tuanya.

Mengajarkan sopan santun adalah hal yang harus ditanamkan sejak kecil. Dengan tahu cara menjaga perilaku dan sikap, orang-orang di sekitar anak Anda akan melihatnya sebagai pribadi yang baik pada masa kecil dan dewasa nantinya. Dengan memiliki rasa sopan santun, anak akan merasa lebih percaya diri saat harus bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya.

Sikap sopan anak merupakan cerminan dari orang tuanya. Setiap orangtua ingin melihat anak-anaknya bersopan santun. Namun, sopan santun terkadang susah diajarkan pada anak. Oleh karena itu, penting mengajarkan anak-anak agar mengerti pentingnya sopan santun ketika orangtua mengajarkan sopan santun itu sendiri. Dimana sopan santun adalah sebuah kepentingan bersama yang patut dijaga agar setiap orang dapat hidup berdampingan di dunia dan sopan santun juga merefleksikan kepribadian yang penuh cinta dan tenggang rasa.

Memang terkadang dalam mengajarkan sikap sopan santun, kita sebagai orang tua terkadang cepat naik darah jika anak melakukan sikap yang tidak sopan dan ingin mengajarkannya dalam proses yang cepat. Padahal untuk mengajarkan sikap sopan santun membutuhkan waktu yang agak lama agar anak dapat mencerna mengapa ia melakukan sikap sopan santun.

Tips berikut mungkin bisa menjadi solusi bagi anda untuk mengajarkan sopan santun pada anak seperti berikut ini:

1. Mulailah Sejak Keci

2. Ajarkan Sikap Menghormati

3. Teladan Sopan Santun

4. Ajarkan Memanggil Nama

5. Selalu Perhatikan Anak

6. Hindari Paksaan saat Mengajari Sopan Santun

7. Koreksi Secara Sopan

8. Berikan Contoh pada Anak 

9. Jangan Biarkan Ketika Anak Tidak Berbuat Sopan

Untuk itu sebelum mengajarkan sopan santun, kita terlebih dahulu harus memiliki sifat sopan pada diri sendiri karena anak secara tidak langsung akan mencontohkan apa yang dilihat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Asalamualaikum
ada yang bisa kami bantu?

× Layanan Konsultasi