Tips mengatasi rasa kantuk saat belajar

Home / artikel / Tips mengatasi rasa kantuk saat belajar
 8 Tips efektif hilangkan rasa kantuk  

Hasil gambar untuk  Tips efektif hilangkan rasa kantuk  saat belajar

Karena kelelahan atau kurangnnya tidur yang cukup, rasa kantuk yang tiba-tiba muncul, memang suka mengganggu sekali, apalagi saat waktu belajar. Sudah pasti bikin kamu gagal fokus. Kamu pernah atau bahkan sering mengalami rasa kantuk? Tapi bingung cara yang tetap sehat untuk membuatmu terjaga? Dilansir dari berbagai sumber, tips-tips jitu dibawah ini ampuh  untuk mengusirnya, kira-kira apa saja ya? Berikut ulasannya: 

1. Mendengarkan lagu favorit

Yang ini ampuh banget lho untuk ngusir rasa kantuk kamu. Putar lagu favorit mu di sela-sela pembelajaran. Pilih lagu yang energetic agar semangat kamu bisa meningkat kembali.

2. Peregangan kecil

Salah satu penyebab rasa kantuk yang datang, mungkin karena tubuh kamu kurang gerak. Beristirahatlah sejenak dan mulailah melakukan peregangan sekitar 5-10 menit. Mulai dari kepala sampai kaki, agar otot-otot kamu menjadi lebih relax dan bisa kembali fokus.

3. Minum kopi

Kopi terbukti ampuh banget untuk mengusir rasa ngantuk. Sambil belajar, kopi bisa jadi teman kamu, agar kantuk dapat segera teratasi. Namun jangan terlalu sering mengkonsumsi minuman ini ya, kamu juga harus tahu batasan-batasannya agar kesehatan mu tetap terjaga.

4.Pencahayaan yang lebih terang

Apakah cahaya di sekitar tempat belajar mu redup? Jika iya, pindah ke tempat dengan pencahayaan lebih terang bisa kamu lakukan. Namun bagi kamu yang memang menyukai belajar dengan cahaya redup, sebenarnya gak masalah kok. Yang paling penting, cari tempat dan posisi ternyaman mu saat belajar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Asalamualaikum
ada yang bisa kami bantu?

× Layanan Konsultasi